Rabu, 04 April 2012

PSIKOLOGI: ANAK YANG MENGALAMI KETELAMBATAN BERBICARA

halo teman, share sedikit nih tentang psikologi..........

pernahkah kalian menjumpai anak balita yang mengalami keterlambatan berbicara?
hmmm saya sudah 2 kali menemuinya, kira-kira kenapa ya anak tersebut mengalami gangguan yang menghambat keterlambatan atau susahnya berkomunikasi..

ternyata bukan hal aneh lagi mengingat semakin banyaknya anak-anak balita yang mengalami gangguaan tersebut. gangguan ini harus diwaspadai terutama oleh ibu-ibu yang mempunyai anak dengan gejala yang sama. gangguan ini bukan hanya sangat menghawatirkan dikarenakan bl tidak dilatih atau di obati dengan saran dari bidang yang bersangkutan juga dapat mengganggu perkembangan anak untuk bersosialisasi.

kemampuan herbal seperti lebih dahulu belajar berbicara, lebih banyak dimiliki oleh perempuan di banding anak laki-laki. pernah saya membaca juga bahwa perlu diwaspadai bagi anak laki-laki yang berumur lebih dari 5 tahun belum mampu berkomunikasi dengan lancar itu udah dimasukan kedalam kategori gangguan keterlambatan berbicara. boleh tenang bagi ibu-ibu yang anak-anaknya belum lancar berbicara dibawah umur 5 tahun, etapi harus terus adanya latihan mengucapkan kata-kata atau lain-lain.

lalu apa sih penyebabnya gangguan tersebut :
menurut Dr Widodo Judarwanto SpA penyebab anak mengalami keterlambatan berbicara adalah:
- kelainan organik yang meganggu sistem tubuh anak seerti otak, pendengaran, dan fungsi motorik lainnya.
- ganggan hemisfer dominan. Penyimpangan ini biasanya merujuk ke otak kiri anak. Beberapa anak juga ditemukan penyimpangan belahan otak kanan, korpus kalosum dan lintasan pendengaran yang saling berhubungan
- faktor lingkungan. lingkungan yang kurang menstimulasi atau adanya pemakaian 2 bahasa juga dapat menganggu perkembangan anak dalam berkomunikasi, namun biasanya bila disebabkan oleh lingkungan maka keterlambatan yang terjadi tidak terlalu berat.

kemampuan bicara sangat terlambat:
Bayi tidak mau tersenyum sosial sampai 10 minggu
Bayi tidak mengeluarkan suara sebagai jawaban pada usia 3 bulan
Tidak ada perhatian terhadap sekitar sampai usia 8 bulan
Tidak bicara sampai usia 15 bulan
Tidak mengucapkan 3-4 kata sampai usia 20 bulan


yuk teman sama-sama mengingatkan bahayanya keterlambatan bicara pada anak-anak...
bila ada segera beri pengarahan kepada orang tuanya  agar mau mengikuti terapi-terapi yang diberikan oleh ahlinya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar