Kamis, 21 April 2011

APAKAH SAYA BEREVOLUSI?

Berbicara mengenai evolusi kita teringat mengenai teori evolusi yang sangan populer yang di cetuskan oleh Chareles Darwin pada tahun 1838 tentang transmutasi spesies dan ia mengembangkan teorinya tentang seleksi alam. Bukunya On the Origin of Species by Means of Natural Selection, or The Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life (biasanya disingkat menjadi The Origin of Species) (1859) merupakan karyanya yang paling terkenal sampai sekarang. 

Darwin sudah lama berpikir tentang evolusi ide; bahwa semua species berhubungan satu sama lain dan mempunyai "common ancestor" (berasal dari satu garis keturunan) dan melalui mutasi species baru muncul. Darwin menggunakan mekanisme ini untuk menjelaskan teorinya. Ia menulis: "Manusia cenderung untuk bertambah dalam tingkat yang lebih besar daripada caranya untuk bertahan. Akibatnya, sesekali ia harus berjuang keras untuk bertahan, dan seleksi alam akan memengaruhi apa yang terletak di dalam jangkauan ini." (Descent of Man, Ps.21) Ia menghubungkan hal ini dengan temuan-temuannya mengenai spesies-spesies yang terkait dengan tempat-tempat, penelitiannya tentang pengembang-biakan binatang, dan gagasan tentang "hukum seleksi alam" (Natural Selection). Beliau percaya bahawapada mulanya Pencipta mencipta satu atau beberapa bentuk organisma yang simpel.Dengan proses pertarungan tabii,organisma yang kompleks telah dihasilkan ,yang penting disini ialah Darwin percaya bahawa organisma-organisma atau spesis-spesis yang kompleks berhasil dari nenek moyang yang sama iaitu spesis yang simpel.

Lalu apakah saya berevolusi?
ya saya berevolusi, saya mengalami perubahan dari sejak lahir sampai sekarang ini. Saya mampu dan melewati seleksi alam sehingga saya masih bisa berkembanga sampai sekarang, saya mengalami proses perubahan fisik, psikologis, dan fikiran yang lebih matang kedepannya sesuai pertambahan umur saya. 
Fisik saya mengalami perubahan dengan bertambah besar dan tinggi saya, fisik saya pun akan mengalami perubahan kembali saat usia saya sudah menjelang 50 tahun ke atas dimana kulit daya akan mengalami keriput, mengusam, dan rambut menjadi putih.
Psikologis saya juga berevolusi dimana saya berkembang dari lahir dan melewati masa-masa bayi ketika saya masih mengalami ketergantungan kepada orang tua, belum mempunyai kematangan mental hingga sampai saat ini saya mampu mandiri tanpa berketergantungan terlalu jauh dengan orang tua.
Fikiran saya pun mengalami evolusi dimana fikiran saya semasa awal tumbuh belum memiliki kematangan, masih berfikir tidak cukup luas, hingga saat ini saya banyak mendapatkan pengetahuan lebih banyak dari luar dan lingkungan sayan dan menjadikan proses berfikir saya lebih dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar